Foto Bareng Panitia
Pelaksanaan MOS (Masa Orientasi anggota Saka) Saka Bakti Husada angkatan XV sukses dilaksanakan.Pelaksanaan tanggal 25 sampai 27 September 2009 di lokasi perkemahan Madrasah Ibtidaiyah Al-Wustho, Dusun Tebing Rubuh, Desa Tebing Batu, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas.



Penyematan Bet Saka Bakti Husada

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan adalah 33 orang, terdiri dari 10 orang anggota putra dan 23 orang anggota putri.Inti kegiatan sendiri adalah pelacakan Bet Saka yang dikemas dalam bentuk puzzle, Penyuluhan Kesehatan (Video) tentang Bahaya Demam Berdarah, Out Bound, Api unggun, Renungan Diri, Adat Ambalan, dan Abatesasi serta bersilaturahmi dengan masyarakat setempat.

Kegiatan dikemas ke arah orientasi mental, tidak diperbolehkan ke arah orientasi fisik.Susunan panitia terdiri dari angkatan ke IX hingga ke angkatan XIV serta dari masyarakat setempat.Peserta berangkat kelokasi pada hari Jumat, pukul 14.00 WIB dengan menggunakan jasa transportasi bis umum.

Kegiatan yang cukup mendapat perhatian dari masyarakat adalah Penyuluhan Video, Api Unggun, dan Abatesasi.Untuk penyuluhan sendiri, masyarakat beserta anggota dan calon anggota Saka Bakti Husada secara bersama-sama menyaksikan video kesehatan tentang Bahaya Demam Berdarah dan pencegahannya.Informasi yang disampaikan melalui video tersebut cukup menambah pengetahuan kita tentang DBD, apa dan bagaimana, sehingga cukup membuat kita tersadar akan bahayanya.

Tri Satya

Kegiatan kedua adalah Upacara Api Unggun, yang mana pelaksanaannya cukup meriah, karena dihiasi dengan penyalaan api unggun dan penyalaan kembang api menambah semaraknya malam minggu tersebut, tidak lupa ditambah dengan acara bakar ayam ala Indian sebanyak 3 ekor, sungguh suatu pengalaman yang cukup unik dan mempesona bagi mereka yang belum pernah menyaksikan kegiatan seperti ini sebelum ini.

Makan Ayam Indian Bake
Yang terakhir adalah Abatesasi, yaitu implementasi dari Penyuluhan sebelumnya, dilaksanakan pada hari terakhir kegiatan dan bekerjasama dengan masyarakat setempat, lalu mendatangi setiap rumah warga dan menaburkan bubuk abate serta melakukan pemantauan jentik berkala selama kegiatan.

Spooky, peek A Boo
Pada hari terakhir, dilaksanakan upacara pelantikan anggota disertai Adat Ambalannya, begitu waktu mendekati pukul 17.00WIB, kegiatanpun berakhir dan semua peserta dan panitia pulang ke rumah masing-masing.
Cukup disayangkan memang, dari 33 orang peserta yg mengikuti, tidak satupun yang berhasil menyelesaikan puzzle pelacakan bet tersebut, sehingga mau tidak mau mereka menerima sanksi yang cukup berat sebagai hukuman.

Ancient Vampire


This entry was posted on Wednesday, September 30, 2009 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 comments:

    logo bakti husada said...
    This comment has been removed by a blog administrator.
  1. ... on November 30, 2015 at 1:03 AM